This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Jumat, 30 Desember 2011

rpp/silabus berkarakter bangsa


Rpp Berkarakter bangsa /silabus berkarakter bangsa SD
P
ersoalan bangsa yang semakin rumit dan kompleks ternayata berimbas kepada  terpengaruhnya nilai  nilai budaya bangsa yang kian hari kian pudar dan hilang tembok terakhir yang membentengi adalah lembaga pendidikan.latar belakang adanya program pendidikan berkarakter bangsa adalah :
*Korupsi
*Kekerasan
*kejahatan seksual
*perusakan
*perkelahian massa
*kehidupan ekonomi yang konsumtif
*kehidupn politik yang tidak produktif
Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Pendidikan :
adalah suatu usaha yang sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi peserta didik.

Budaya:
Keseluruhan sistem berpikir, nilai, moral, norma, dan keyakinan (belief) manusia yang dihasilkan masyarakat.

Karakter:
Watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang  terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak.
                          
Suatu usaha sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi peserta didik agar mampu melakukan proses internalisasi, menghayati nilai-nilai menjadi kepribadian mereka dalam bergaul di masyarakat, dan mengembangkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, serta mengembangkan kehidupan bangsa yang bermartabat.
Fungsi pendidikan budaya dan karakter bangsa

P
engembangan:
pengembangan potensi peserta didik untuk menjadi pribadi berperilaku baik; ini bagi peserta didik yang telah memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan budaya dan karakter bangsa;
Perbaikan:
memperkuat kiprah pendidikan nasional untuk bertanggung jawab dalam pengembangan potensi peserta didik yang lebih bermartabat; dan
Penyaring:
 untuk menyaring budaya bangsa sendiri dan budaya bangsa lain yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang bermartabat
Tujuan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Mengembangkan potensi kalbu/nurani/afektif peserta didik sebagai manusia dan warganegara yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa;

M
engembangkan kebiasaan dan perilaku peserta didik yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa yang religius;

M
enanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik;

M
engembangkan kemampuan peserta didik; dan

M
engembangkan lingkungan kehidupan sekolah

Nilai-nilai dalam Pendidikan
Budaya dan Karakter Bangsa
C  Agama
C  Pancasila
C  Budaya
C  Tujuan Pendidikan Nasional
Contoh Rpp berkarakter bangsa:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                   :   ..................................
Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester     :  IV / I
Waktu                    :   2 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi
1.  Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah.

B.     Kompetensi Dasar
1.1. Membuat gambar / denah berdasarkan penjelasan yang didengar.

C.    Tujuan Pembelajaran** :
§  Siswa dapat Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke Bumi    Perkemahan dengan Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) serta Berani ( courage)
§  Siswa dapat Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah
§  Siswa dapat Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.    Materi Pokok
§  Gambar / Denah
 
E.     Kegiatan Pembelajaran
§  Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
§  Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah.
§  Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat.

F.     Langkah-langkah Pembelajaran
§  Kegiatan Awal
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Siswa diajak mengamati denah lokasi suatu tempat.
-       Bertanya jawab seputar denah yang diamati.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru. secara perhatian ( respect ).
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta menggambar denah sendiri dengan cara bertanggung jawab ( responsibility ), berani ( courage ) dan berdasar pada ketulusan ( Honesty )
Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan
            Ikuti petunjuk untuk mencapai Bumi Perkemahan. SD YPBK berada di jalan Cip Bes-ut. Keluarlah dari SD YPBK , lalu ambil arah ke kiri. Susuri  pasar sampai mencapai jalan raya. Lalu, naik mobil 06 A turut di UKI Naik mobil jurusan cibubur turut Di sebelah kiri Bumi Perkemahan cibubur ada pos polisi.
F Siswa bertanya kepada teman di sebelahnya apakah denah buatannya sudah benar!
F Bertanya jawab tentang petunjuk arah yang dibacakan guru
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menjelaskan secara lisan di depan kelas tentang denah yang  dibuat sendiri.





G.    Penilaian

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Membuat gambar / denah

Tertulis dan penam-pilan
Uraian dan Lembar observasi
·  Buatlah denah berdasarkan penjelasan yang didengar!
·  Jelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat!


§  Gambar denah buatan sendiri    
Aspek Penilaian
Hasil / Nilai
Keterangan
1.  Kesesuaian gambar
     dengan petunjuk
     yang dibacakan.
2.  Tanda penunjuk arah
     ke sebuah lokasi Bu-
     mi Perkemahan



§  Penampilan
Penampilan siswa saat menjelaskan petunjuk denah di depan kelas.
Aspek Penilaian
Hasil / Nilai
Keterangan
1.  Kejelasan ucapan
2.  Kewajaran intonasi
3.  Keberanian



H.    Sumber / Alat
§  Buku paket
§  Gambar Denah

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...........
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Bahasa Indonesia




          ..................................                                            ..................................
 NIP :                                                                    NIP :