Setiap anak dilahirkan dengan karakter yang berbeda-beda. Bagi anda yang memiliki anak lebih dari seorang, pasti paham dengan hal ini. Bahkan anak kembarpun, katanya, pasti memiliki karakter yang tidak sama.
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )
I identitas: |
Satuan Pendidikan | : | ................................. |
Kelas / Semester | : | VI / 1 |
Mata Pelajaran | : | Sejarah Kebudayaan Islam |
Jumlah Pertemuan | : | 3 kali |
Standar Kompetensi | : | 1. Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq |
Kompetensi Dasar | : | 1.1 Menjelaskan arti dan tugas khulafaurrasyidin
v Karakter yang diharapkan : Religius, gemar membaca, Rasa ingin Tahu, Demokratis,bersahabat.
|
Tujuan Pembelajaran Indicator | : : | Siswa dapat menjelaskan arti dan tugas khulafaurrasyidin
|
Materi ajar | : | Pengertian dan Tugas khulafaura-syidin |
Alokasi waktu | : | 5 x35 menit |
Matode Pembelajaran | : | 1. Metode ceramah 2. Metode diskusi 3. Metode tanya jawab 4. Metode drill |
Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
- Pendahuluan (10 menit)
o Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
o Siswa menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
o Secara bersama membaca materi dan sub materi .
o Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
o Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran
- Kegiatan inti (50 menit)
1). Eksplorasi
o Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan materi ?, dan lain sebagainya.
o Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok mendiskusikan materi yang terbuat di buku paket siswa.
o Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal dari buku paket.
o Siswa membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan materi.
o Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan mengapa perlu adanya strategi dalam berdakwah.
2). Elaborasi
o Siswa membaca dan menulis materi yang terdapat di buku pegangan siswa
o Guru menugaskan seorang siswa untuk mengemukakan pendapat tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o Guru mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
o Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
o Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan materi.
o Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.
3) Konfirmasi
o Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.
o Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
o Guru memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang materi.
o Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
- Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
o Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
o Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
o Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
o Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
o Guru menginformasikan bahwa pertemuan berikutnya akan belajar tentang materi.
o Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Sumber Belajar
1. Buku Paket SKI Kelas 6 MI
2. LKS
3. Sumber lain yang relevan
Penilaian
Latihan
- Kata Ar- Rasidin mempunyai arti …………….
- Kekholifahan khulafaur Rasidin adalah masa-masa pemimpin yang……………
- Nabi sebagai Nabi juga sebagai……………. Negara
- Sebagai Rasul Muhamad berkewajiban …………….. risalah
- Pengganti Rosululloh yang dimaksud adalah pengganti…………….
- Kholifah pertama yang terpilih adalah………………..
- Kaum muhajirin dan ………….. bermusyawarah menentukan siapa pengganti Nabi Muhamad sebagai pemimpin Negara
- Setiap penentuan kholifah selalu dilaksanakan dengan cara…………….
- Kholifah yang kedua pengganti abu bakar adalah……..
- Kholifah terrahir adalah…………..
Mengetahui Kepala Sekolah
....................................... |
| .........................., ...........................20....
................................................. |