This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Minggu, 29 Januari 2012

Rpp SKI kls 6 MI


Setiap anak dilahirkan dengan karakter yang berbeda-beda. Bagi anda yang memiliki anak lebih dari seorang, pasti paham dengan hal ini. Bahkan anak kembarpun, katanya,  pasti memiliki karakter yang tidak sama.
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )

    I  identitas:
    Satuan Pendidikan
:
.................................
    Kelas / Semester
:
VI / 1
    Mata Pelajaran
:
Sejarah Kebudayaan Islam
    Jumlah Pertemuan        
:
3 kali
Standar Kompetensi
:
1. Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq
Kompetensi Dasar
:
1.1    Menjelaskan arti dan tugas khulafaurrasyidin


v     Karakter yang diharapkan : Religius, gemar membaca, Rasa ingin Tahu, Demokratis,bersahabat.

Tujuan Pembelajaran
Indicator
:
:
Siswa dapat menjelaskan arti dan
tugas khulafaurrasyidin

Materi ajar
:
Pengertian dan
Tugas khulafaura-syidin
Alokasi waktu
:
5 x35 menit
Matode Pembelajaran
:
1.        Metode ceramah
2.        Metode diskusi
3.        Metode tanya jawab
4.        Metode drill

Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
  1. Pendahuluan (10 menit)
o       Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
o       Siswa menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
o       Secara bersama membaca materi dan sub materi .
o       Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
o       Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran


  1. Kegiatan inti (50 menit)
1). Eksplorasi
o       Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan materi ?, dan lain sebagainya.
o       Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok  mendiskusikan materi yang terbuat di buku paket siswa.
o       Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal dari buku paket.
o       Siswa membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan materi.
o       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan mengapa perlu adanya strategi dalam berdakwah.

2).  Elaborasi
o       Siswa membaca dan menulis materi yang terdapat di buku pegangan siswa
o       Guru menugaskan  seorang siswa untuk mengemukakan pendapat tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o       Guru mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o       Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
o       Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
o       Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan materi.
o       Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.

            3) Konfirmasi
o       Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.
o       Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
o       Guru memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang materi.
o       Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

  1. Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
o       Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
o       Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
o       Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
o       Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
o       Guru menginformasikan  bahwa pertemuan berikutnya akan belajar tentang materi.
o       Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Sumber Belajar
1. Buku Paket SKI Kelas 6 MI
2. LKS
3. Sumber lain yang relevan




Penilaian
Latihan
    1. Kata Ar- Rasidin mempunyai arti …………….
    2. Kekholifahan khulafaur Rasidin adalah masa-masa pemimpin yang……………
    3. Nabi sebagai Nabi juga sebagai……………. Negara
    4. Sebagai Rasul Muhamad berkewajiban …………….. risalah
    5. Pengganti Rosululloh yang dimaksud adalah pengganti…………….
    6. Kholifah pertama yang terpilih adalah………………..
    7. Kaum muhajirin dan ………….. bermusyawarah menentukan siapa pengganti Nabi Muhamad sebagai pemimpin Negara
    8. Setiap penentuan kholifah selalu dilaksanakan dengan cara…………….
    9. Kholifah yang kedua pengganti abu bakar adalah……..
    10. Kholifah terrahir adalah…………..
           
Mengetahui
Kepala Sekolah




.......................................

.........................., ...........................20....





.................................................