Jumat, 27 Januari 2012

rpp ski mi kls 5


Menanamkan pendidikan berkarakter tidaklah mudah. Diperlukan proses yang panjang dalam membangun karakter itu sendiri.  tidak hanya menjadikan anak cerdas otak, tetapi juga cerdas watak. Dari Cerdas Watak inilah peserta didik menjadi manusia unggul, dan mampu menjadi pemimpin di masa depan.
ingin dapatkan rpp berkarakter ??kontak kami  di 085654882030 085346175070
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )

1.    Identitas Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan
:
.........................................
Kelas / Semester
:
V / 2
Mata Pelajaran
:
Sejarah Kebudayaan Islam
Jumlah Pertemuan     
:
3 kali
2.    Standar Kompetensi
:
3. Mengenal peristiwa Fathul Mekah
3.    Kompetensi Dasar
4.    Indicator
:
1.1 Mengidentifi-kasi sebab-sebab terjadinya Fathul Mekah
·         Menjelaskan kerinduan Nabi Muhammad Saw terhadap Mekah
·         Menceritakan Nabi Muhammad Saw dan Umat Islam untuk melaksanakan Umrah ke tanah suci Mekah
·         Menjelaskan sebab-sebab terjadinya baiatur-ridwan
·         Menceritakan terjadinya baiaturridwan sebagai rangkaian sebab terja-dinya Fathul Mekah

5.    Tujuan Pembelajaran
:
Siswa dapat menjelaskan peristiwa Fathul Mekah
v  Karakter yang diharapkan : Religius, gemar membaca, Rasa ingin Tahu, Demokratis,bersahabat.

6.    Materi ajar
:
·           Peristiwa Sulhu (perjanjian) Hudaibiyah
·           Kafir Quraisy melanggar Perjanjian Hudaibiyah sebagai puncak sebab terjadinya Fathul Mekah
·           Dampak positif/ hikmah Perjanjian Hudaibiyah
7.    Alokasi waktu
:
5 x35 menit
8.    Matode Pembelajaran
:
a.    Metode ceramah
b.    Metode diskusi
c.    Metode tanya jawab
d.    Metode drill

9.    Kegiatan Pembelajaran :
         Pertemuan ke - 1
  1. Pendahuluan (10 menit)
  • Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
  • Siswa menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
  • Secara bersama membaca materi peristiwa peristiwa Fathul Mekah dan sub menjelaskan peristiwa Fathul Mekah
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
  • Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran
  1. Kegiatan inti (50 menit)
    • Eksplorasi
·         Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan peristiwa Fathul Mekah.
·         Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok  mendiskusikan materi peristiwa Fathul Mekah yang terbuat di buku paket siswa.
·         Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal dari buku paket.
·         Siswa membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan peristiwa Fathul Mekah.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan mengapa perlu adanya peristiwa Fathul Mekah.
2)    Elaborasi
·         Siswa membaca dan menulis peristiwa Fathul Mekah yang terdapat di buku pegangan siswa
·         Guru menugaskan  seorang siswa untuk mengemukakan pendapat tentang bagaimana peristiwa Fathul Mekah.
·         Guru mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang peristiwa Fathul Mekah.
·         Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
·         Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
·         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan peristiwa Fathul Mekah.
·         Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.
3)    Konfirmasi
·         Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.
·         Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
·         Guru memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang peristiwa Fathul Mekah.
·         Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
  1. Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
  • Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
  • Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
  • Guru menginformasikan  bahwa pertemuan berikutnya akan belajar tentang memahami materi .
  • Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

10. Sumber Belajar
1.    SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)
2.    Ensiklopedi Islam/ Sirah Nabawiyah (yang sesuai)
3.    Naskah bermain peran




11. Penilaian

·         Lisan
·         Pengamatan
a.    Bentuk penilaian;
·         Uraian
b.    Instrumen dan skor penilaian
·         Tes Pengamatan
Penilaian proses dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi
No
N A M A
Keaktifan
Ketepatan
Kerjasama
skor
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
































Jumlah Skor













Keterangan :
1. Sangat baik                      2. Baik                        3. Cukup        4. Kurang

Ø  Tes Hasil belajar
§                 TerUlis
§ Jelaskan tentang sebab-sebab terjadinya Fathul Mekah yang diawali kerinduan Nabi Muhammad Saw terhadap Mekah setelah 6 tahun hijriah!
§ Jelaskan tentang peristiwa terjadinya sulhu Hudaibiyah antara kaum muslimin dengan kafir Quraisy mekah


Mengetahui,
Kepala Madrasah





....................................

Balikpapan , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits




........................................ 


0 komentar:

Poskan Komentar

Loading...